Pengertian Aqiqah Menurut Bahasa Dan Istilah

Pada artikel kali ini iappsindo.id akan mengulas tentang Pengertian Aqiqah Menurut Bahasa Dan Istilah, Kelahiran buah hati tentunya memberikan sebuah kebahagiaan tersendiri. Terdapat satu rangkaian di agama Islam untuk menyambutnya yaitu aqiqah. Aqiqah adalah suatu bentuk rasa syukur atas karunia Allah SWT melalui kelahiran bayi.

Rasa syukur tersebut direalisasikan dengan cara memotong kambing untuk kemudian dibagikan baik kepada saudara, tetangga, dan yang membutuhkan,

dalil aqiqah

Hukum Aqiqah Bagi Bayi Baru Lahir

Menurut bahasa aqiqah mempunyai arti “memotong” dan menurut istilah diartikan sebagai proses penyembelihan hewan ternak di hari ketujuh setelah bayi lahir.
Menurut tafsir dari sebagian besar ulama mengatakan bahwa hukumnya yaitu sunnah muakkad. Aqiqah ini menjadi sebuah ibadah penting dan diutamakan.

Jika orang tua mampu untuk melaksanakannya maka sangat dianjurkan pelaksanaannya ketika sang buah hati masih bayi.

Namun, untuk orang tua yang tidak mampu melaksanakan aqiqah maka bisa ditinggalkan tanpa berdosa. Jadi sampai disini kalian sudah paham jika hukum aqiqah adalah sunnah muakkad.

Waktu Untuk Aqiqah


• Waktu paling afdol

Berdasarkan pada hadis Rasulullah SAW mengatakan bahwa waktu pelaksanaannya yaitu hari ketujuh dari hari kelahiran bayi.

Untuk cara perhitungannya yaitu menyertakan hari kelahirannya. Jadi ketika buah hati lahir hari Senin maka aqiqah dilaksanakan pada hari Minggu.

• Waktu selain hari ketujuh

Banyak yang bertanya-tanya bagaimana jika aqiqah dapat dilaksanakan pada hari lain dan tidak tepat hari ke tujuh? Maka jawabannya bisa.

Pelaksanaan aqiqah bisa dilaksanakan pada hari ke 14 ataupun 21 jadi tidak mutlak pada hari ketujuh kelahiran. Akan tetapi memang hari ketujuh dianggap paling afdol.
Pelaksanaan aqiqah dapat dilakukan sampai memiliki kemampuan untuk itu bahkan ketika sudah dewasa sekalipun. Bahkan Nabi SAW pernah mengakikahi dirinya sendiri pada saat Beliau sudah diutus menjadi Nabi.

Riwayat tersebut juga sering dipergunakan sebagai dasar untuk seseorang mengaqiqahi dirinya sendiri ketika kecil orang tuanya belum memiliki kemampuan untuk melakukan itu.

pengertian aqiqah

Tata Cara Aqiqah

Untuk tata cara pelaksanaannya baik anak perempuan ataupun laki-laki sama saja yang membedakan hanya pada jumlah hewannya saja.

Anak laki-laki memotong 2 ekor kambing sekufu ataupun yang mirip dalam artian mirip usianya, ukurannya, dan jenisnya. Kalaupun tidak terlalu serupa setidaknya mendekati dan untuk perempuan jumlah hewan aqiqah adalah 1 kambing saja.

Banyak yang bertanya apakah bisa aqiqah menggunakan hewan lainnya tidak hanya kambing maka jawabannya bisa.

Unta ataupun sapi bisa dipergunakan dengan persyaratan 1 sapi atau 1 unta dipergunakan untuk 1 orang anak.

Akan tetapi sebagian ulama berpendapat bahwa aqiqah diperbolehkan untuk menggunakan kambing saja karena sesuai dalil Rasulullah SAW.

Saat proses penyembelihan tidak boleh dilakukan sembarangan karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti tidak mematahkan tulang sembelihan dengan hikmah di dalamnya adalah tafa’ul (berharap keselamatan tubuh dan anggota badan sang anak).

Saat proses penyembelihan selesai makan daging bisa dibagikan kepada sanak saudara, tetangga, dan orang yang membutuhkan. Jangan lupa mencukur rambut sang buah hati dan memberikannya nama yang bagus.

Setelah proses pemotongan rambut dilanjutkan dengan memberikan sesuatu yang manis untuk sang bayi.

Aqiqah Ketika Anak Telah Dewasa

Ini kerap menjadi sebuah pertanyaan dan sering dilontarkan pada sebagian orang. Pertanyaan mengenai bagaimana jadinya ketiak aqiqah dilaksanakan ketika anak dewasa maupun terlanjur besar?

Jadi ketika keadaan orang tuanya memang tidak mampu pada saat persyaratan aqiqah maka kewajiban akan aqiqah menjadi gugur dikarenakan tidak adanya kemampuan untuk melaksanakan aqiqah tadi.

Akan tetapi ketika orang tuanya termasuk mampu semenjak anak lahir, akan tetapi menunda pelaksanaannya sehingga sang anak dewasa maka sang anak tetap diaqiqahi bahkan ketika telah menginjak usia dewasa.

Membagikan Aqiqah Dalam Bentuk Daging Mentah

Aqiqah adalah suatu bentuk rasa syukur maka tidak jarang untuk membagikan daging aqiqah dalam bentuk masakan seperti nasi kotak. Pembagian dalam bentuk nasi kotak ini cukup populer digunakan masyarakat Indonesia.

Namun tahukah kalian jika hasil sembelihan untuk aqiqah juga bisa dibagikan dalam bentuk daging mentah. Jadi kembali ke diri kalian masing-masing akan membagikannya dalam bentuk daging olahan ataupun sebaliknya.

Demikianlah penjelasan dan pengertian aqiqah menurut bahasa dan istilah yg bisa kami sampaikan kepada temen-temen semua, semoga kiranya dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, sukses selalu dan jangan lupa semangat baca dan belajar terus ya. Terima kasih.