Keluarga Adalah : Pengertian dan Fungsinya

Hadirnya keluarga adalah sesuatu yang sangat berharga bagi kehidupan seseorang. Namun banyak yang tidak menyadarinya. Tentunya supaya kalian menjadi lebih mencintai serta mengasihi keluarga maka kalian perlu memahami konsep mengenai pengertian serta fungsi keluarga.

Pengertian Keluarga

Keluarga merupakan unit sosial terkecil tersusun dari kepala keluarga serta keluarga. Keluarga ini terdiri dari ayah, ibu serta anak.

Terdapat pandangan lainnya yang mengatakan bahwa keluarga merupakan sekelompok orang dan hidup bersama sebagai sebuah unit terkecil masyarakat, umumnya kerabat, perkawinan, maupun hubungan lain yang tinggal dalam rumah dan dipimpin kepala keluarga.

Fungsi Keluarga

Tentunya masing-masing keluarga mempunyai makna tersendiri serta memainkan peran penting di dalam kehidupan keluarga. Adapun beberapa fungsi keluarga yang bisa kalian ketahui sebagai berikut ini.

keluarga adalah harta yang paling berharga

1. Fungsi keagamaan

Tentunya kalian paham jika keluarga merupakan kebutuhan dasar untuk seluruh manusia. Jadi keluarga adalah tempat pertama yang mana nilai-nilai agama akan diajarkan serta menanamkan identitas keluarga untuk seluruh anak yang lahir.

Keluarga akan mengembangkan nilai agama serta menjadikan anak menjadi baik dan saleh. Keluarga akan mengajarkan seluruh anggotanya beribadah penuh keyakinan serta pengabdian untuk Tuhan Yang Maha Esa.

2. Fungsi sosial budaya

Keluarga adalah sarana terpenting guna memajukan serta menanamkan nilai budaya yang luhur serta menjadi teladan gaya hidup. Fungsi sosial dan budaya akan memberikan keluarga serta seluruh anggotanya kesempatan mengembankan kekayaan budaya beragam menjadi satu kesatuan.

Maka dari itu nilai-nilai luhur akan menjadi sebuah panutan dalam kehidupan bernegara serta mampu terus didukung serta dibina. Keluarga yaitu tempat pertama untuk anak belajar berinteraksi serta beradaptasi dengan lingkungan untuk mempelajari perihal adat-istiadat pada masyarakat.

3. Fungsi cinta kasih

Cinta serta kasih sayang adalah faktor penting guna membentuk kepribadian anak. Tentunya fungsi cinta kasih memberikan arti bahwa keluarga diharuskan menjadi sebuah wadah yang mampu menciptakan suasana penuh cinta dan kasih sayang.

Fungsi ini dapat diwujudkan ke dalam bentuk kenyamanan, kasih sayang, dan perhatian antara anggota keluarga. Fungsi ini adalah landasan kokoh di antara orang tua-anak, suami-istri, dan anak-anak. Hal itu tentunya menjadikan keluarga adalah tempat terpenting bagi kehidupan penuh kasih.

4. Fungsi perlindungan

Keluarga adalah sebuah tempat berlindung atau perlindungan untuk seluruh anggota yang mana tempat mendorong ketenangan pikiran serta kehangatan. Tentunya ada dalam suasana saling melindungi tentunya keluarga haruslah menjadi sebuah tempat nyaman, aman, dan menentramkan.

Saat keluarga bisa berfungsi ini secara baik maka pertumbuhan serta perkembangan anak menjadi lebih optimal.

5. Fungsi reproduksi

Keluarga menjadi suatu pengatur reproduksi untuk menghasilkan keturunan sehat serta terencana sehingga nantinya anak yang dilahirkan berkualitas. Tidak hanya itu saja melainkan keluarga juga menjadi tempat pendidikan seks sehat serta berkualitas bagi anak-anaknya.

6. Fungsi sosialisasi dan pendidikan

Keluarga memiliki fungsi untuk pengembangan kepribadian. Keluarga juga dijadikan sebagai tempat untuk berkembangnya suatu proses interaksi serta tempat anak belajar bersosialisasi serta berkomunikasi dengan baik dan sehat.

7. Fungsi ekonomi

Keluarga menjadi sebuah tempat penting guna mempromosikan kebaikan dan serat menyerap nilai yang berkaitan dengan keuangan, pemenuhan kebutuhan hidup serta menciptakan keluarga sejahtera.

8. Fungsi pembinaan lingkungan

Keluarga adalah mengemban suatu peran untuk mengatur agar kehidupan tetap memelihara lingkungan sosial dan fisik, lingkungan makro, dan mikro.

Fungsi pembinaan lingkungan mempunyai empat nilai yang perlu untuk diresapi serta diterapkan di keluarga dan nilai-nilai tersebut yaitu:

• Bersih, yakni kondisi lingkungan terbebas dari kotoran, pencemaran serta kotoran. Salah satu tanda orang yang bersih ditandai dengan senantiasa dalam menjaga kebersihan diri serta lingkungannya.

• Disiplin, yakni senantiasa mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Orang disiplin tidak akan merusak lingkungan serta bercirikan perilaku mematuhi aturan yang ada.

• Pengelolaan, yakni upaya perlindungan, pemanfaatan serta perbaikan lingkungan.

• Konservasi, yakni upaya dalam menjaga keharmonisan di dalam keluarga serta lingkungan.

Keluarga serta lingkungan tentunya saling berpengaruh jadi lingkungan harus dijaga supaya tercapai kesejahteraan serta kemaslahatan pada seluruh keluarga.

Jadi itulah informasi yang terkait dengan pengertian serta fungsi keluarga yang bisa kalian ketahui dengan lebih jelas.