FAQ

PERTANYAAN YANG SERING DITANYAKAN PENGGUNA AGRION

 

  1. Apa itu AgriOn ?

AgriOn merupakan platform yang membantu orang untuk mendapatkan pembiayaan atau pendanaan untuk mengembangkan kegiatan usaha produktifnya dari Lembaga Keuangan secara online. Platform AgriOn telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Financing Agent sebagaimana diatur dalam regulasi Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 13 /POJK.02/2018 tentang Inovasi Keuangan Digital.

  1. Apa yang dimaksud dengan Financing Agent ?

Financing Agent merupakan salah satu sektor di Direktorat Inovasi Keuangan Digital OJK yang membantu Lembaga Keuangan dalam mencari calon peminjam, menverifikasi dan memproses pengajuan pinjaman secara online melalui aplikasi AgriOn.

 

  1. Siapa saja yang boleh mengajukan pinjaman di AgriOn ?

Siapa saja warga negara Indonesia berusia minimal 17 tahun yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk dan memiliki usaha produktif diperbolehkan mendaftar di aplikasi dan mengajukan pinjaman.

 

  1. Apa AgriOn hanya menfasilitasi pembiayaan bidang Pertanian saja ? 

AgriOn saat ini masih focus membantu pembiayaan di bidang pertanian dan terbatas pada Lembaga Keuangan yang memiliki produk pinjaman di bidang tersebut. Namun di kemudian hari tidak tertutup kemungkinan akan berkembang di sector usaha produktif lainnya.

 

  1. Bagaimana dengan tingkat suku bunga di AgriOn ? 

Besarnya bunga pinjaman di AgriOn sesuai dengan kebijakan bunga yang ditetapkan oleh Lembaga Keuangan tanpa ada penambahan dari AgriOn. AgriOn tidak memungut biaya atau bunga tambahan dari calon peminjam yang mengajukan pinjaman melalui platform AgriOn.

 

  1. Bagaimana cara pembayaran kembali pinjaman (repayment) ?

Untuk skema pembayaran kembali pinjaman (repayment) ada beberapa pilihan diantaranya dicicil mingguan, bulanan bahkan bisa dibayar lunas setelah panen tergantung dari jenis produk pertanian atau bidang usaha calon peminjam. Pada prinsipnya AgriOn akan mencari dan bekerjasama dengan Lembaga Keuangan yang bisa membantu dan memudahkan calon peminjam dalam membayar kembali pinjamannya.

 

  1. Berapa lama tenor pinjaman yang tersedia di AgriOn?

Tenor atau lamanya pinjaman sangat tergantung dari bidang usaha dan produk pinjaman yang disepakati dengan Lembaga Keuangan. Contoh untuk petani Jagung tenor pinjaman 5 (lima) bulan, petani Edamame 4 (empat) bulan dan untuk petani sawit bisa tenor 6 (enam) bulan.

 

  1. Apakah mengajukan pinjaman secara online melalui AgriOn aman ?

Mengajukan pinjaman secara online di AgriOn dijamin aman karena AgriOn telah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diberi kewenangan oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk mengatur dan mengawasi semua lembaga jasa keuangan yang beroperasi di Indonesia, sehingga memberikan rasa aman untuk semua pihak yang terlibat dalam proses agen pembiayaan.

  1. Bagaimana cara mengetahui data pribadi saya aman di AgriOn ?

Informasi pribadi Anda akan kami simpan secara aman, dilindungi oleh fitur keamanan online terbaik sesuai dengan yang ada di Privacy Policy kami. AgriOn memiliki sistem proteksi fisik, elektronik, dan manajerial yang baik untuk menghindari akses yang tidak sah atau penggunaan yang tidak sesuai terhadap informasi pelanggan atau pengguna. AgriOn tidak akan memberikan informasi pelanggan kepada pihak ketiga tanpa izin, dan tidak akan menghubungi Anda untuk menanyakan data pribadi selain untuk kelengkapan verifikasi. AgriOn juga mempersilahkan pelanggan apabila ingin melakukan perubahan bahkan penghapusan data yang tersimpan di AgriOn.

 

  1. Bagaimana cara Daftar di AgriOn ?

Bagi anda yang ingin mendaftar menjadi pengguna AgriOn dapat mengunduh melalui aplikasi di playstore dan cukup mengisi Nama, Tgl lahir dan no handpone anda.